Rabu, 27 November 2013


Cristiano Ronaldo bisa dibilang sebagai pemain terbaik pada tahun 2013, inilah alasannya...
Cristiano Ronaldo, bintang Portugal dan Real Madrid
"Anda berbicara dengan Tuhan" ujar Zlatan Ibrahimovic kepada jurnalis menjelang pertandingan babak play-off Piala Dunia 2014 antara Swedia dan Portugal. Tetapi setelah sesumbarnya tersebut, Ibra akhirnya terpuruk dalam bayang-bayang Cristiano Ronaldo yang tampil spektakuler, dan membuat Portugal lolos ke Brasil, sementara Swedia harus memupus impian mereka untuk tampil di ajang empat tahunan tersebut. Jadi jika Ibra adalah Tuhan, maka bagaimana mendeskripsikan Ronaldo sekarang?

Dua gol Zlatan memberikan Swedia harapan tinggi untuk dapat lolos, saat negara Skandinavia tersebut unggul 2-1 dan menyamakan agregat menjadi 2-2. Tetapi Ronaldo, yang mencetak gol kemenangan di Lisbon, mencetak dua gol tambahan untuk memastikan hat-trick dan juga menyegel tiket Piala Dunia untuk Portugal.

Karena hal itu, pemain berusia 28 tahun tersebut melanjutkan tahun-tahun gemilangnya. Dan karena FIFA memutuskan untuk memperpanjang masa voting Ballon d'Or [yang awalnya berakhir pada 15 November] menjadi akhir bulan November, pemain Portugal itu kini menjadi pemain favorit untuk dapat mengklaim penghargaan prestisius tersebut untuk kedua kalinya dan mengakhiri monopoli Lionel Messi.

Seperti yang diketahui, pemain asal Argentina itu memenangkan Ballon d'Or empat tahun terakhir dan kembali masuk menjadi nominator tahun ini, tetapi cedera yang mengganggunya di 2013 membuat dia bukan lagi sosok favorit seperti edisi sebelumnya. Gelandang Bayern Munich Franck Ribery juga masuk dalam persaingan setelah meraih Treble Winners bersama timnya musim lalu, tetapi dalam hal individu, 2013 adalah tentang Cristiano.

Statistik istimewa Ronaldo dalam 11 bulan terakhir mungkin tidak melibatkan trofi juara, tetapi sebagai pemain individu, pemain asal Portugal tersebut sangat mencolok di tahun kalender ini. Jadi, dengan hal tersebut, Goal membeberkan angka-angka fantastis Ronaldo sepanjang tahun 2013 ini.

67 - Ronaldo telah mencetak 67 gol sejauh ini untuk klub dan negaranya tahun ini, mengalahkan rekor pribadinya tahun lalu [2012] sebanyak 63. Dan dia masih memiliki lima pertandingan tersisa tahun ini untuk menambahkannya [Madrid memiliki tujuh pertandingan tersisa di 2-13 tetapi Cristiano dilarang tampil dalam dua laga Copa del Rey menghadapi Olimpic de Xativa). Ia mencetak 67 gol hanya dalam 56 pertandingan untuk Madrid dan Portugal. Tahun lalu, dalam 71 penampilan ia mencetak 63 gol.

64 - Sebagai perbandingan, rival Ronaldo untuk Ballon d'Or tahun ini, Messi dan Ribery, bila dikombinasikan maka mereka mencetak 64 gol di 2013.

57 - Torehan gol Ronaldo di 2013 kebanyakan berasal saat ia bersama Madrid. Ia mencetak 57 gol dalam 47 pertandingan kompetitif untuk klubnya tahun ini.

47 - Tambahan gol-gol di timnas membuat Ronaldo total telah mencetak 47 gol sepanjang karirnya bersama Portugal dan menyamai rekor yang dipegang oleh Pauleta. Satu gol lagi akan membuat bintang Los Blancos itu menjadi pencetak gol terbanyak timnas Portugal sepanjang sejarah.


Lebih baik dari 'Tuhan' | Ronaldo memenangkan duel melawan Ibrahimovic di babak play-off Piala Dunia
37 - Ronaldo telah mencetak 37 gol dari 67 golnya di La Liga musim ini, hanya dari 31 pertandingan.

33 - Untuk klub dan negaranya di musim 2013/14, Cristiano mencetak 33 gol dalam 23 pertandingan. Tahun lalu ia hanya mencetak 21 gol dalam jumlah pertandingan yang sama.

30 - Di bulan April, dia menjadi pemain Madrid pertama dalam sejarah yang mencetak lebih dari 30 gol untuk tiga musim secara beruntun. Dan dia menargetkan untuk melakukannya lagi. 

25 - Pemain Portugal itu telah mencetak 25 gol untuk Madrid musim ini [dari 18 pertandingan] - awal terbaiknya di awal musim bersama Madrid. Dan itu dengan pelatih baru dan sistem yang harus dibiasakan, ditambah dengan hengkangnya Mesut Ozil [pemain asal Jerman itu menciptakan assist untuk Ronaldo lebih banyak dari pemain lain dalam tiga musim ke belakang].

19 - Dua golnya ke gawang Elche, termasuk penalti kontroversial di menit tambahan, membuat eks pemain Manchester United itu telah mencetak gol ke setiap klub La Liga. Pada 2011/12, ia juga menjadi pemain pertama yang melakukannya dalam satu musim, tetapi ia tidak pernah menghadapi Elche, yang mendapat promosi di musim panas ini.

16 - The Pemain asal Portugal tersebut semakin bertambah dewasa dalam permainan individu fantastisnya dan ia telah menciptakan 16 assist di 2013, yang berarti dia terlibat dalam 83 gol tahun ini. Dia juga menjadi top skor La Liga sejauh ini dengan 17 gol, dengan Messi mencetak delapan gol dan masih absen karena cedera, dia tentu berada di jalur tepat untuk meraih Pichichi tahun ini.

14 - Gol Cristiano ke gawang Juventus awal bulan ini menjadi gol ke-14 di Liga Champions pada tahun 2013, yang membuatnya melewati catatan gol Messi tahun lalu [13 gol].

10 - Ronaldo telah mencetak sepuluh gol dalam sembilan pertandingan Portugal pada 2013, ini pertama kalinya dia mencetak gol dengan jumlah dua digit untuk timnas dalam satu tahun kalender. Catatan terbaiknya adalah pada tahun 2011, yaitu tujuh gol dalam sembilan laga.

8 - Pemain berusia 28 tahun tersebut saat ini menjadi top skor Liga Champions, dengan delapan gol dari empat pertandingan. Dia membutuhkan satu gol lagi dalam dua laga terakhir babak grup, untuk memecahkan rekor yang saat ini ia pegang bersama Hernan Crespo, Filippo Inzaghi dan Ruud van Nistelrooy.

6 - Ronaldo telah mencetak enam hat-trick untuk Madrid di 2013. Total, ia telah mencetak 23 hat-trick untuk Los Blancos. Hal yang sangat luar biasa, mengingat ia hanya mencetak satu hat-trick meski enam tahun bersama United dan mencetak 118 gol di skuat asuhan Sir Alex Ferguson. 

5 - Ronaldo baru-baru ini naik ke posisi lima pencetak gol terbanyak Madrid sepanjang sejarah, melewati legenda asal Meksiko Hugo Sanchez, dan sekarang telah mengoleksi 226 gol hanya dalam 217 pertandingan. Dengan rata-rata golnya saat ini, Ronaldo dapat melewati pencetak gol terbanyak Madrid, Raul (323 gol dalam 741 laga) pada tahun 2015.

2 - Sebelum tahun ini, Ronaldo tidak pernah mencetak hat-trick untuk Portugal. Dia sekarang memiliki dua, saat melawan Irlandia Utara di babak kualifikasi Piala Dunida dan ketika melawan Swedia di babak play-off Piala Dunia.

0 - Ronaldo akan mengakhiri tahun 2013 tanpa ada trofi setelah Madrid hanya memenangkan Piala Super Spanyol di tahun terakhir Jose Mourinho bersama Los Blancos. Gelar itu tentu saja datang di Agustus tahun lalu. Entah hal ini akan menjadi faktor pembeda voting Ballon d'Or, semuanya masih ditunggu, tetapi tanpa trofi atau dengan trofi, Ronaldo tetap menjadi pemain sepakbola terbaik tahun 2013.
333

0 komentar :

Posting Komentar